Ayano Kaname

Ayano Kaname

Minggu, 28 September 2014

Aplikasi Grafik Komputer, Pengolahan Citra Dan Komputer Vision Dalam Kehidupan Sehari-Hari



Aplikasi Grafik Komputer, Pengolahan Citra Dan Komputer Vision Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Grafik komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu computer dengan pemanfaatan teknologi komputer yang sudah pasti memerlukan aplikasi software yang mendukung ilmu dan cara kerja untuk menghasilkan sebuah hasil dari pengolahan menggunakan grafik komputer. 

Aplikasi grafik komputer ini umumnya sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang bahkan tanpa kita sadari kitapun sudah sering menggunakannya. Untuk contoh yang sederhananya seperti mengedit foto atau gambar. Pemilihan software yang tepat akan sangat membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++ Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.


GRAFIK KOMPUTER
aplikasi-aplikasi yang menggunakan komputer grafis.
1. Computer-Aided Design (CAD)
    CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya
    untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil,
    pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh
    aplikasinya: AutoCAD.
2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
    CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan
    Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
    program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
 3. Virtual Reality
     Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata
 
Beberapa contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1.      Bidang Hiburan :
Semua orang pasti sudah tau tentang animasi seperti kartu,anime,game dan film yang menggunakan 3D Effect kan. Itu adalah salah satu contoh dari penggunaan aplikasi grafik komputer .

Gambar di atas merupakan contoh gambar yang menggunakan teknologi komputer dengan aplikasi grafik di dalamnya. Gambar tersebut merupakan grafik 2D atau 2 dimensi. Sedangkan grafik 3D atau tiga dimensi adalah Grafika komputer 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika rasternya.


 Bidang Pendidikan :

 Digunakan untuk memberikan penjelasan berupa gambar diagram,bagan,tabel untuk mempermudah dan sebagainya.Ms.PowerPoint adalah yang paling sering digunakan dalam hal ini.

 



 Bidang Perancangan :
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya. Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.







Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra atau memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita dan kualitasnya menjadi lebih baik.


Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui prosessampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel.




Beberapa pemanfaatan pengolahan citra dalam kehiduan sehari-hari yaitu :



Bidang Perdagangan :
Digunakan untuk membaca kode bar yang tertera



Bidang Kedokteran :


Pengolahan citra digital dapat digunakan untuk deteksi tumor atau kanker rahim, identifikasi penyakit paru-paru, identifikasi penyakit hati, identifikasi penyakit tulang, segmentasi tulang dari otot yang lainnya, klasifikasi gigi, dan analisis citra mikroskopis.






Bidang Fotografi :
        Bidang Fotografi, kemajuan dibidang fotografi memberi dampak pada bidang-bidang astronomi, photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom dapat melakukan pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara.

Aplikasi yang berkaitan dengan Pengolahan Citra antara lain :
a.       Corel Painter
b.      Adobe Photoshop
c.       Microsoft Paint
d.      Corel Photo-Paint


Contoh aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian es laut 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar